Menuju Transformasi Literasi, Pangandaran Bersiap Miliki Perpustakaan yang Representatif Senilai Rp. 30 Miliar

Posted by Operator dispusip | 2020-07-15 20:26:53 | 152 kali dibaca

Image

by Operator dispusip 2020-07-15 20:26:53 Berita DISDAGKOP

SIDAMULIH, Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata melakukan peletakan batu pertama pertanda pembangunan gedung Perpustakaan di Kabupaten Pangandaran mulai di bangun.

Pembangunan gedung perpustakaan dilakukan di Desa Sukaresik, kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.

Dalam sambutannya Bupati Pangandaran Jeje menyampaikan bahwa prinsip dasar pembangunan itu merupakan satu kebutuhan, jangan merupakan keinginan setelah persoalan-persoalan mendasar selesai dibangun.

“Jalan, jembatan, puskesmas, rumah sakit, selesai dibangun maka sekarang kita memulai mengembangkan satu kebijakan yang sudah ada, seperti pendidikan butuh perpustakaan yang refresentatif. Lalu masyarakat Pangandaran juga butuh tempat mencari ilmu, membaca mencari ilmu yang cukup bagus maka pada tahun ini kita bangun perpustakaan totalnya Rp 30 miliar,” ungkap Jeje, Selasa, 14 Juli 2020.

Dari Rp 30 miliar yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu, dibangun secara bertahap.

“Tahun ini kita bangun Rp 17 miliar dulu, sisanya tahun depan sehingga bisa sempurna dan berjalan dengan lancar,” kata Jeje.

Jeje berharap, mudah-mudahan warga di Kab. Pangandaran mau membaca, karena buku itu pintunya ilmu, ilmu itu merupakan syarat mutlak untuk manusia hidup untuk merubah peradaban lebih baik.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Pangandaran Tatang S Praja menambahkan, lahan yang digunakan untuk pembangunan gedung perpustakaan seluas 1 hektar.

“Jadi nanti biar orang bisa baca sambil santai di sini,” ujar Tatang.

Menurut Tatang, tidak hanya bangunan saja tapi juga dilengkapi beberapa fasilitas seperti taman dan lainnya. Selasa, 14 Juli 2020.* /Kabar Priangan/Agus Kusnadi***